Setangkai cerita di ujung London



Well, kali ini gue bakal sharing pengalaman gue ke London maret 2016 lalu bareng sama sepupu-sepupu gue berempat. Ada beberapa tempat yang gue datengin di London dan sekitarnya london kayak Liverpool, Manchester, Oxford dll dan bakal gue sharing satu per satu di blog gue...  Such an experience sih menurut gue karena itu adalah pengalaman pertama gue ke benua hijau tepatnya London..
Gue bingung sebenernya mulai dari mana, mungkin gue mulai dari persiapan sebelum gue berangkat ke London yang menurut gue prosesnya cukup ribet.. Okay dimulai dari yang pertama..

Visa
Semua orang udah pasti tau dong kalo ke London tuh harus pake visa, dan menurut gue itu gak gampang buat ngurus visa dalam jangka waktu kurang lebih dua minggu (maklum dadakan)... Sebelum gue dan sepupu gue yang lain dipanggil untuk interview ke embassy, kita siapin persyaratan-persyaratan untuk apply visa.
Walaupun udah banyak tips and trik tentang apply visa ke Eropa atau London tapi gue bakal cerita sedikit, beberapa dokumen yang harus disiapin.
  • Kartu Keluarga (kartu keluarga kamu, jangan tetangga)
  • KTP (yang masih berlaku... yaaa iyalahh)
  • Passport (6 bulan sebelum expired date nya yahh..)
  • Tiket Pulang-Pergi (Penting, kalo pergi doang gaada pulang dikira TKI) 
Gue gak ngerti high season atau low season tiket gue bolak balik 23jt Economy Class Garuda Indonesia.
  • Booking Hotel selama disana (katanya wajib.. pemerintah takut kita jadi gelandangan hahaha)
  • Harus ada Itinerary (yang mau Itinerary gue selama di London email gue aja tyaraodeliamirantie@gmail.com )
  • Rekening koran min. 3 bulan sebelum keberangkatan (kalo gue kemaren minimal tabungan 50jt rupiah)
Disini malapetaka gue, Visa gue di TOLAK!
Karena apa? katanya sih Financial Issue, jadi gue udah mahal-mahal bayar visa kira-kira 4jt lebih mahal karena gue pake agent dan gue minta visa yang cepet. Alasannya gini, jadi sebenernya yang dilampirkan kemaren itu bukan rekening tabungan pribadi gue yang biasa gue pake melainkan bikin baru H- beberapa hari sebelum apply visa, sedangkan uang yang dimasukkin ketabungan bener-bener 50an jt breeekkk langsung (TERNYATA ITU FATAL) haha.... Dan itu bukan cuma gue, sepupu-sepupu gue juga di tolak dengan cerita yang sama... #jadi gue ingetin... Kalo mau apply visa, usahakan rekening koran yang dilampirkan bener-bener rekening pribadi yang ada nominalnya atau aktif selama 3 bulan terakhir...

Dan akhirnya gue kebut 3hari untuk apply visa kedua gue tetep bareng sama sepupu gue, disini gue udah bener-bener panik udah mimpiin ke London eh gagal divisa. Sempet drop, baju udah beli, udah siap semua perlengkapan coat-coat udah cukup,  semuanya udah ke pack bahkan udah diet demi foto gue gak fail... Tapi Tuhan itu adil, ternyata visa kedua gue di approved karena akhirnya kita melampirkan kalo oom (oom paman yah, beneran PAMAN) gue menjadi sponsor dari liburan kita... hahaha...
#Tips belajar dari pengalaman gue.
Biar lo gak bayar lagi Visa nya dokumen-dokumen dan lain-lain harus di persiapin secara matang!

AND FINALLY 3 Maret 2016 pun Officially gue berangkat ke London yeaaaaayyyyy... London Here I come

Udah kelar sih urusan visa tetek bengek dokumen-dokumen sebelum ke London.. Jadi di Blog gue selanjutnya gue bakal ngebahas tentang barang-barang apa aja yang gue bawa ke London... Jadi pantau terus blog gue!!!!!

Comments

Popular Posts